March 16, 2010

9 Tipe Kepribadian Manusia

Kesembilan tipe kepribadian manusia antara lain:

1. Perfeksionis
Orang dengan tipe ini termotivasi oleh kebutuhan hidup dengan benar, memperbaiki diri sendiri dan orang lain, serta menghindari marah.

2. Penolong
Orang dengan tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk dicintai dan dihargai, mengekspresikan perasaan yang positif pada orang lain, dan menghindari kesan membutuhkan.

3. Pengejar Prestasi
Orang dengan tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk menjadi orang yang produktif, meraih kesuksesan, dan berusaha menjauhi kegagalan.

4. Romantis
Orang dengan tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk memahami perasaan diri sendiri serta dipahami orang lain, menemukan makna hidup, dan menhindari citra diri yang biasa-biasa saja.

5. Pengamat
Orang dengan tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk mengetahui segala sesuatu dan alam semesta, merasa cukup dengan diri sendiri dan menjaga jarak, serta menghindari kesan bodoh atau tidak memiliki jawaban.

6. Pencemas
Orang dengan tipe ini termotivasi oleh untuk mendapatkan persetujuan, merasa diperhatikan, dan terhindar dari kesan pemberontak.

7. Petualang
Orang dengan tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk merasa bahagia serta merencanakan hal-hal menyenangkan, memberikan pengaruh pada sekitarnya, dan terhindar dari derita.

8. Pejuang
Orang dengan tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk dapat mengandalkan diri sendiri, kuat, memberi pengaruh pada dunia, dan terhindar dari kesan lemah.

9. Pendamai
Orang dengan tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk menjaga kedamaian, menyatu dengan orang lain dan berusaha menghindari konflik.



Panah dan Sayap
panah dan sayap dalam enneagram












Setiap panah dan sayap pada enneagram, berhubungan langsung dengan kedua tipe lainnya yang dihubungkan dengan panah. Misalnya, tipe 1 berhubungan dengan 4 dan tipe 7, tipe 2 berhubungan dengan tipe 4 dan 8, dan seterusnya. Selain panah, kepribadian dapat terpengaruh oleh tipe di kiri dan di kanannya. Tipe di kanan dan kiri ini disebut dengan sayap.

Dinamika hubungan antar tipe terjadi sebagai berikut:
Jika dalam keadaan rileks tipe 1 akan mengambil karakter positif tipe 7, dan jika dalam keadaan tertekan maka tipe 1 akan mengambil karakter 4 atau tipe dengan arah panah sebaliknya.

No comments:

Post a Comment